TEKNOLOGI DAN KESEJAHTERAAN

Posted by Admin on Wednesday, 2 December 2015 | Opini

Sayidiman Suryohadiprojo

Kesjahteraan Untuk Seluruh Rakyat

Pancasila sebagai Dasar Negara mengharuskan terwujudnya Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Dalam Keadilan Sosial itu faktor Kesejahteraan pegang peran utama; dengan kesejahteraan yang tinggi mutunya dan meluas ke seluruh mayarakat Rakyat akan hidup makmur dan tenteram. Oleh sebab itu adalah kewajiban penting bagi setiap pemerintah yang mengendalikan NKRI untuk selalu berusaha mewujudkan kesejahteraan yang tinggi dan adil merata.

Keadaan masyarakat yang sejahtera turut menjamin Keamanan Nasional. Kesejahteraan bagi seluruh Rakyat dan Wilayah Indonesia menimbulkan kepuasan dalam hidup bangsa, bahkan menimbulkan kebanggaan bagi setiap orang menjadi bagian bangsa Indonesia. Makin sempit peluang bagi mereka yang mau ajak orang Indonesia untuk memisahkan diri dari NKRI dan melakukan pemberontakan terhadap kekuasaan pemerintah RI. Gerakan seperti ISIS dengan sikapnya yang radikal Islam dan berusaha memperlebar pengaruhnya di Indonesia akan menghadapi penolakan dari rakyat. Juga gerakan separatisme seperti yang ada di Papua atau daerah lain kehilangan alasan untuk keluar dari NKRI yang memberikan keejahteraan tinggi dan keamanan bagi rakyat Papua dan lainnya.

Adalah kenyataan bahwa peran teknologi dapat meningkatkan ksejahteraan dengan amat kuat. Banyaknya potensi kekayaan Alam yang terdapat di Indonesia dapat diubah menjadi kekayaan dan kekuatan bila digunakan teknologi dengan tepat. Hingga kini malahan bangsa-bangsa lain yang lebih menikmati potensi Indonesia karena mereka datang dengan membawa kemampuan teknologi yang tepat. Mereka menjadi kaya karena usaha di Indonesia, bahkan lebih kaya dari bangsa Indonesia yang memiliki potensi kekayaan Alam itu. Oleh sebab itu bangsa Indonesia dengan pimpinan pemerintah harus giat dan terus menerus mengejar kemampuan teknologi yang terus berkembang maju. Pendidikan harus dikembangkan untuk seluruh Rakyat agar semua menjadi makin maju dan mampu.

TEKNOLOGI BERKEMBANG MAJU DENGAN CEPAT

Sejak Abad ke 20 umat manusia mengalami perkembangan pesat dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Makin hari perkembangan itu makin cepat kemajuannya. Hal itu antara lain dikemukakan Vivek Wadhwa dalam tulisannya di harian Washington Post 5 Oktober 2015. Ia katakan bahwa Teknologi akan menjadi faktor utama dalam penciptaan perubahan. Yang ia sebutkan adalah khususnya teknologi yang bersangkutan dengan Energi dan Produksi. Perkembangan itu akan berjalan dengan kemajuan eksponential (berdasarkan deret ukur) sehingga dalam waktu relatif singkat akan terjadi perubahan-perubahan yang amat menggemparkan. Ia sebut perkembangan dalam teknologi fracking (kemampuan menyedot lebih banyak minyak dan gas dari bumi), teknologi Matahari dan Angin yang bersangkutan dengan Energi. Yang bersangkutan dengan Produksi teknologi Robot dan Digital Manufacturing.

Antara lain ia uraikan bahwa perkembangan tenaga dalam pemanfaatan tenaga matahari pada tahun 2030 akan mampu menyediakan seluruh kebutuhan Energi, padahal sekarang peran matahari baru 1% . Digital manufacturing dan Robotic akan sangat mampu mengatasi faktor tenaga kerja, sehingga negara seperti AS tak perlu menempatkan pabrik-pabriknya di negara dengan upah buruh rendah karena dengan teknologi robotics dan digital manufacturing keperluan akan tenaga buruh akan amat berkurang. Dan malahan dapat menghasilkan produk yang lebih terjamin mutunya serta jumlahnya. Tidak lagi ada hambatan jam kerja maksimal setiap hari dan minggu.

Perkembangan teknologi ini harus kita ikuti dan turut kuasai demi kesejahteraan kita. Tenaga Matahari yang terdapat sepanjang tahun di Indonesia dan tenaga Angin yang juga berlimpah perlu kita manfaatkan agar dapat menyediakan Energi yang diperlukan untuk berbagai kegiatan. Dengan begitu mengurangi ketergantungan kita pada minyak dan gas bumi yang sekarang kita hadapi, serta tidak perlu khawatir habisnya batu bara yang makin mendekat. Penggunaan tenaga Panas Bumi yang banyak di Indonesia tapi memerlukan biaya relatif besar, dapat dibatasi. Juga pengunaan tenaga nuklir dengan segala aspek keamanannya dapat dihindari.

Oleh sebab itu penting sekali ada peningkatan radikal dalam kegiatan pendidikan agar terwujud kemampuan expertise yang memadai serta kegiatan Riset yang bersangkutan dengan perkembangan teknologi.

Juga kemampuan Robotics dan Digital Manufacturing perlu kita kembangkan untuk mencapai mutu dan volume Produksi yang makin tinggi. Dengan demikian dapat memanfaatkan potensi nasional kita dengan jauh lebih efektif. Hanya dalam hal ini perlu ada pengaturan agar tidak terjadi pengangguran besar-besaran karena penggunaan teknologi Robotics dan Digital Manufacturing. Solusinya mungkin sekali dengan makin meluaskan Produksi di seluruh Indonesia sehingga tenaga Manusia yang tersedia dapat dimanfaatkan secara optimal. Termasuk adanya Bonus Demografi yang kita alami hingga tahun 2030-an. Pengaturan yang bijaksana menjadikan Bonus Demografi satu bonus nasional, sebaliknya tanpa pengaturan dan penyediaan kesempatan kerja yang baik dan luas dapat menjadi satu bencana nasional kalau terjadi pengangguran meluas.

Untuk memanfaatkan teknologi secara optimal perlu sekali peningkatan mutu kerja Tenaga Kerja agar dapat menggunakan teknologi maju dan benar-benar menghasilkan bertambahnya Produksi secara luas. Dengan begitu akan juga terjadi peningkatan penghasilan dan terwujudnya Kesejahteraan lebih tinggi.

KEPEMIMPINAN BERMUTU MERUPAKAN SYARAT MUTLAK

Agar supaya seluruh proses peningkatan Kesejahteraan dan penggunaan Teknologi menjadi kenyataan, diperlukan Kepemimpinan bermutu. Kepemimpinan yang yakin akan Dasar Negara Pancasila dan secara sadar menjadikan Pancasila kenyataan di bumi Indonesia. Dimulai dengan Kepemimpinan Nasional yang kemudian merangsang Kepemimpinan Daerah serta Kepemimpinan setiap aspek kehidupan.

Kepemimpinan itu disertai pelaksanaan manajemen yang efektif di semua bagian masyarakat. Terutama harus dapat digerakkan Pendidikan Nasional yang bermutu dan luas, baik berupa Pendidikan di Lingkugan Keluarga, Pendidikan Sekolah maupun Pendidikan Masyarakat. Pendidikan diisi motivasi mencapai keunggulan (excellence) di setiap kegiatan yang dilakukan, baik yang memang kegiatan penting maupun kegiatan yang nampaknya sederhana dan sepele. Seperti kebiasaan tepat waktu harus ditumbuhkan sebagai sifat masyarakat dan manusia Indonesia. Selain itu ditumbuhkan karakter yang positif dan kuat, seperti mengutamakan kebersamaan dari pada hidup sendiri, berlaku jujur dalam segala hal, jauh dari manja mental, biasa menepati janji, keseimbangan antara bicara dan berbuat, sopan santun dan menghargai orang lain, dan lainnya. Pembentukan karakter berpangkal dalam Pendidikan di Lingkungan Keluarga, diperkuat dalam Pendidikan Sekolah dan Pendidikan Masyarakat. Karakter ini menjadi landasan kuat unntuk pembentukan kemampuan penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dalam pendidikan Iptek harus makin berkembang sifat mengejar keunggulan dan sifat tak kenal menyerah. Juga tetap kuat dalam hidup kebersamaan, dengan kesadaran bahwa usaha bersama dapat mencapai tujuan yang jauh lebih luas dan bermutu dari pada usaha perorangan.

Terwujudnya Kesejahteraan harus meluas ke seluruh Rakyat sehingga tidak ada kesenjangan lebar antara golongan Kaya dan Miskin, satu hal yang sekarang menjadi ciri buruk bangsa Indonesia. Sebab itu penggunaan teknologi maju harus juga dilakukan dalam Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang sekarang jumlahnya sudah banyak. Dengan begitu mutu produksi UMKM akan mampu bersaing secara global. Kemampuan itu semua akan meningkatkan jumlah Golongan Menengah sehingga merupakan mayoritas dalam masyarakat Indonesia dan semoga dapat melebihi 90 % jumlah penduduk.

Maka langkah demi langkah Pancasila Dasar Negara menjadi kenyataan di Bumi Indonesia.

Jakarta, 2 Desember 2015

RSS feed | Trackback URI

Comments »

No comments yet.

Name (required)
E-mail (required - never shown publicly)
URI
Your Comment (smaller size | larger size)
You may use <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> in your comment.

Trackback responses to this post