KASAD Membuka Lokakarya Kepemimpinan Yang Berwawasan Kebangsaan

Posted by Admin on Tuesday, 14 August 2007 | Artikel

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Djoko Santoso selaku Pembina utama Patriot Leadership Development Center (PLDC) membuka secara resmi pelaksanaan lokakarya kepemimpinan yang berwawasan kebangsaan dilaksanakan di Bandung selama tiga hari dari tanggal 13 sampai dengan 15 Agustus 2007.

Dalam amanatnya Kasad menyatakan bahwa, di tengah-tengah gerak reformasi dan demokratisasi sekarang ini terjadi erosi kepercayaan terhadap pilar-pilar Bangsa dan Negara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Untuk merevitalisasi atau mereaktualisasi kepercayaan serta nasionalisme tersebut dapat dilakukan dengan cara menggugah, meningkatkan kesadaran, pemahaman, semangat dan komitmen terhadap wawasan-wawasan kebangsaan.

Dikatakan Kasad, untuk mampu membangun wawasan kebangsaan yang bermuara kepada terwujudnya integrasi nasional yang kuat, diperlukan banyaknya jumlah pemimpin yang memiliki kepemimpinan yang berwawasan kebangsaan. Pemimpin yang berwawasan kebangsaan menurut Kasad adalah pemimpin yang pancasilais, setia pada NKRI dan UUD 1945 serta memahami karakter dan kultur bangsa Indonesia.

Lokakarya kepemimpinan yang berwawaskan kebangsaan dalam rangka revitalisasi nasionalisme ini diikuti oleh 40 orang peserta yang memiliki latar belakang beragam ilmu dan komunitas, hakekatnya dilaksanakan tiga hari itu dibagi menjadi 5 topik pembicara.

Topik pertama mengambil tema wawasan kebangsaan oleh Letjen (Purn) Sayidiman dan Prof. Dr . Muladi, SH, topik kedua tentang Revitalisasi Nasionalisme oleh Letjen (Purn) Kiki Syahnakri, topik ketiga bertemakan Jati Diri Bangsa oleh Prof. Dr. Asyumardi Azra, topik keempat tentang Militansi Bangsa oleh Prof. Dr. Tb. Zulriska Iskandar dan topik kelima Gerakan Nasional oleh Drs. Bambang Ismawan, MS.

Lokakarya ini merupakan salah satu rangkaian dari upaya untuk mendapatkan formula atau rumusan tentang kepemimpinan yang berwawasan kebangsaan. Untuk mensosialisasikan hasil rumusan lokakarya ini, rencananya akan diselenggarakannya seminar nasional pada akhir tahun ini di Jakarta.

Source : http://www.tni.mil.id/news.php?q=dtl&id=113012006115374

RSS feed | Trackback URI

Comments »

No comments yet.

Name (required)
E-mail (required - never shown publicly)
URI
Your Comment (smaller size | larger size)
You may use <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> in your comment.

Trackback responses to this post